6 Pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta

KPU telah menerima enam pasangan bakal calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub). Dua pasangan berasal dari jalur perseorangan yakni Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Soepandji. Sementara empat pasangan berasal dari partai politik (parpol) dan gabungan dari parpol.

Empat pasangan calon yang diusung partai politik yaitu Alex Noerdin-Nono Sampono. Pasangan ini didukung oleh koalisi Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Damai Sejahtera (PDS). Jika ditotal, ketiga partai memiliki 18 kursi di DPRD DKI. Golkar punya 7 kursi, PPP 7 kursi, dan PDS 4 kursi.

Pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok didukung oleh koalisi PDIP dengan Gerindra. Pasangan ini mempunyai dukungan 17 kursi di DPRD Jakarta, yaitu 11 kursi dari PDIP dan 6 dari Gerindra.

Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli didukung oleh Partai Demokrat, PAN, PDS, Hanura, dan PKB. Setidaknya mereka memiliki 45 kursi di DPRD DKI Jakarta. Partai Demokrat 32 kursi, PAN 4 kursi, Partai Damai Sejahtera (PDS) 4 kursi, Hanura 4 kursi, dan Partai Kebangkitan Bangsa hanya punya 1 kursi.

Pasangan Hidayat Nur Wahid dan Didik J. Rachbini merupakan calon terakhir yang dideklarasikan. Pasangan ini baru dideklarasikan tiga jam sebelum masa pendaftaran ditutup. Pengusungnya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki 18 kursi di DPRD DKI Jakarta.

0 comments: