Program Hemat Energi SBY



Mulai bulan juni 2012 program hemat energi dilaksanakan secara serentak diwilayah nusantara, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan 5 kebijakan dalam penghematan energi. Penghematan energi ini melingkupi hemat bahan bakar minyak (BBM) dan hemat listrik nasional. Sehingga diharapkan kebijakan ini akan mengamankan APBN. Seperti diketahui subsidi BBM dan Listrik nasional semakin membengkak, apalagi bila harga minyak dunia naik yang berakibat pada penggerusan APBN. Lima kebijakan penghematan itu terdiri dari.
  1. Pengendalian sistem distribusi di setiap SPBU, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
  2. Larangan bagi mobil dinas untuk menggunakan BBM bersubsidi.
  3. Larangan BBM bersubsidi untuk kendaraan perkebunan dan pertambangan.
  4. Konversi BBM ke bahan bakar gas untuk transportasi umum.
  5. Penghematan listrik dan air di kantor-kantor pemerintahan BUMN dan BUMD serta penerangan jalan
Pemerintah dan masyarakat patut mendukung kebijakan presiden SBY, karena kebijakan tersebut mempunyai efek positif bagi masyarakat luas terutama bagi para ibu rumah tangga. Karena dengan hemat energi maka biaya hidup juga akan turun. Namun banyak kalangan yang takut dengan adanya hemat energi maka produktifitas juga turun. Tapi anggapan ini tidaklah benar, karena kita bisa mulai dari yang terkecil misalnya matikan lampu bila tidak digunakan atau desainlah ruangan anda dengan konsep tropis yang memungkinkan cahaya matahari masuk ruangan sehingga penggunaan lampu bisa dikurangi.

Selain penghematan BBM dan listrik, sepatutnya juga kita harus menghemat penggunaan air, karena menurut penelitian yang ada menyatakan bahwa sumber mata air tiap tahun surut. Bayangkan bila sehari hidup tanpa air. Beruntung bagi masyarakat pedesaan yang masih menikmati air bersih secara gratis. Beda halnya masyarakat perkotaan yang menikmati air dengan harus membayar. Oleh karena air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia maka kita harus menjaga sumbernya dan hemat dalam penggunaannya.

0 comments:

More

Search This Blog